Iklan

Popular Post


Simak penjelasan singkat dari kami Guy's, mungkin perlu kita pelajari bersama bagaimana menciptakan koneksi internet 2,3 hingga 6 kali lebih cepat dari biasanya, apa itu perlu dan apakah kalian memang lebih senang menggunakan cara-cara lama dan yang biasanya orang gunakan ?

Jaringan Tethering atau Hotspot sangat membantu dan memudahkan kita untuk saling berbagi koneksi data dari bermacam-macam ponsel keren, perangkat PC atau Komputer, laptop bahkan tablet.

Dalam membagi koneksi untuk membangun jaringan tethering atau hotspot  pada umumnya ada tiga cara yang dapat kita gunakan, adalah dengan cara menggunakan Wifi (hotspot pribadi), kabel USB dan bluetooth. Dari ketiga pilihan metode tersebut, Menurut kawan-kawan manakah yang memberikan koneksi yang paling nyaman dan cepat? lalu mana yang lebih stabil? dan mana yang bisa membuat lebih hemat konsumsi daya baterai ponsel?

Dari ketiga cara diatas bagiKEPO telah bertahun-tahun menjalani dan merasakan bagaimana indahnya dunia internet dan bagaimana rasanya menggunakan koneksi internet, baik pada android, tablet, gadget, PC dan juga laptop kesayangan.

Dan selama kami bekerja diperusahaan-perusahaan Jasa layanan Internet Service Provider setiap saat, setiap waktu kami sering meluangkan waktu menganalisa seberapa tingkat kehebatan dan seberapa cepat transfer data yang didapatkan, dan selama yang kami dapatkan lebih cepat dan stabil juga lebih menguntungkan adalah koneksi jaringan yang menggunakan kabel, tetapi bukan menggunakan sistem wireless, hotsport atau sistem Access Point atau yang sering dikenal sebagai AP.

Disaat-saat kondisi genting dan tidak memadai kami sering menggunakan akses Tethering Hostpot, Wireless untuk pekerjaan apapun itu, tetapi pada saat kami hanya memiliki koneksi internet seperti paket data kartu, quota ( paket quota: XL, SIMPATI-Telkomsel, INDOSAT, 3, AXIS, SMARTFREN ) kami sangat bosan dan melelahkan untuk terus-menerus membeli karena mungkin sebelumnya kami terbiasa menggunakan paket bulanan unlimited kelas rumahan dan bisnis.

Jadi setelah kami berhenti di perusahaan penyedia layanan internet service provider hingga saat ini kami memaksakan diri menggunakan paket quota android untuk menyambung pekerjaan harian kami.

Meskipun begitu kami terus berevolusi, belajar, bertanya dengan orang, berbagi metode dan mencari solusinya bagaimana menggunakan kesempatan ini dengan baik untuk bisa mengubah lebih mudah cara penggunaan Tethering quota internet Android agar bisa dinikmati lebih nyaman dari biasanya, lebih layak menjadi lebih cepat dan stabil tanpa membuang banyak energi batere handphone, dengan kata lain transfer data akan tetap berjalan lancar tanpa lemot, juga selain itu dapat mengurangi keborosan energi lebih menghemat konsumsi daya baterai pada ponsel tersebut.

Baiklah kami tidak akan menambah lebih banyak penjelasan dan saya akan langsung bagikan tips, panduan dan cara penggunaannya.

Berikut langkah-langkah Agar Koneksi Internet Wifi Android di PC dan Laptop Kamu Lebih Kencang dan Stabil tidak lemot dan bisa meningkat menjadi 2, 3 bahkan 6 kali lebih cepat daripada menggunakan metode Tethering Hotspot Portabel/Wireless:

Pada tutorial ini kami memberi contoh menggunakan Ponsel Evercross M50A Max, untuk teman-teman bebas dan bisa menyesuaikan sesuai tipe masing-masing Handphone Kalian.

Langkah I, buka android/ponsel anda pergi cari fitur Setelan seperti tampilan dibawah



Langkah II pilih pada tulisan lainnya " pilih tulisan menambatkan & hotspot portabel " klik dan buka halaman tersebut seperti gambar dibawah



Langkah III tekan tombol dan aktifkan pada tulisan " penambatan USB " atau teman-teman juga bisa menggunakan " bagikan internet USB-PC ", di sini kami menggunakan penambatan USB



Silakan lihat gambar dibawah ini, kondisi fitur sudah diaktifkan pada penambatan USB



Langkah IV Sekarang silakan ambil Ponsel anda lalu pasang kabel USB dari ponsel tancapkan ke lubang Port USB PC/Laptop anda, lihat seperti gambar di bawah


Berikut Proses penyambungan koneksi internet melalui jaringan Kabel USB dari wifi android anda menuju ke perangkat Komputer, Laptop anda

Dalam beberapa detik icon/gambar berlogo komputer yang sebelumnya masih terlihat loading akan berubah menjadi icon komputer penuh tanpa loading dan tanpa tanda seru, artinya perangkat komputer atau Laptop anda sudah berhasil terhubung internet

Selanjutnya silakan buka browser google chrome atau apapun yang anda gunakan, anda bisa mulai mencoba melakukan cek test kecepatan internet, saya akan memberi contoh menggunakan layanan speed test langsung dari situs Google Internet Fiber Speed Test.

Untuk mencoba bisa ketik " Google Fiber Speed Test ", tampilan seperti dibawah 



Selanjutnya buka situs Google Fiber Speed Test dan tunggu halaman terbuka


Setelah Terbuka silakan untuk mencoba mengetes kecepatan internet anda, klik pada tombol button lingkaran dengan segi tiga warna putih dan tunggu proses pengetesan, lalu saat muncul pop up maka klik pada tulisan " continue " untuk melanjutkan proses, lihat seperti dibawah



Kemudian tunggu beberapa detik maka proses pengetesan kecepatan akan berjalan dan di mulai, proses pengetesan seperti tampilan dibawah

[Gambar diatas merupakan hasil test kecepatan menggunakan server Google Fiber Speed Test]

Tampilan dibawah adalah hasil pengetesan kecepatan internet menggunakan situs SPEEDTEST.net " The Global Broadband Speed Test atau OOKLA Speed Test Internasionl 
Jika dibandingkan dengan mengecek di server google jauh lebih tinggi hasilnya.


Tampilan gambar diatas hanya menggunakan modal quota/bandwith internet XL di ponsel sebesar 1 Giga, cukup lumayan besar hasilnya untuk digunakan di komputer atau di Laptop, cukup untuk mendownload dan melakukan tugas uploading file, dan itu perbandingannya sangat jauh berbeda ketika kita menggunakan jaringan Hotspot Portabel android ke PC/Laptop.

Pada gambar diatas merupakan hasil pengetesan kecepatan internet menggunakan jaringan Kabel USB bukan menggunakan jaringan koneksi Wireless, anda bisa lihat berapa tingkatan kecepatannya pada koneksi Download mencapai 4.86 MBPS sedangkan Upload mencapai 3.25 MBPS dengan menggunakan koneksi paket data quota android.

Cara Setting dan Terhubung Jaringan Koneksi Hotspot Portable

Selanjutnya kita akan coba mengetes menggunakan Jaringan Hotspot Portabel / via Android Wireless, untuk melakukan setting pada android ke PC/Laptop itu hampir sama hanya merubah pilihan saja, anda harus memilih layanan " Menambatkan & Hotspot Portabel " dan mengaktifkan fitur " Hotspot Wi-Fi Portabel"

Langkah-langkahnya hampir sama buka android pergi ke menu setelan dan pilih layanan bertuliskan " Lainnya " kemudian klik saja pada tulisan "Menambatkan & Hotspot Portabel" dan pilih pada "Hotspot Wi-Fi Portabel" tunggu hingga terbuka



Selanjutnya pilih tombol pada tulisan " Hotspot Wi-fi Portabel, dan aktifkan layanan tersebut, tunggu hingga tombol berubah warna biru. 


Dan silakan teman-teman lakukan pengetesan dengan kembali mengakses situs google fiber speed test untuk mengetahui berapa kecepatan yang didapat jika menggunakan jaringan Tethering Hotspot / Wireless


Berikut adalah hasil contoh pengetesan kecepatan internet dari kami menggunakan jaringan Hotspot Portabel / via Android Wireless, terlihat dibawah bahwa hasilnya tidak maksimal dan jika digunakan untuk internet menjadi lambat tidak tidak bisa digunakan untuk download untuk ukuran besar.


Kesimpulan:

Akses jaringan internet menggunakan sistem Jaringan Hotspot Portabel / via Android Wireless akan lebih lambat dibandingkan menggunakan jaringan melalui Kabel USB, selain kelebihan menggunakan jaringan Kabel USB mendapat prioritas kecepatan, namun juga bisa menghemat konsumsi energi pengeluaran baterai pada ponsel/smartphone kita. 

Dan juga energi baterai Ponsel akan menjadi bertambah dan lebih cepat terisi, karena selain kabel USB dapat membantu memperlancar koneksi internet ia akan bekerja membantu melakukan pengisian pada baterai handphone.

Demikian pembahasan Panduan dan Tips sederhana Ilmu Internet dari bagiKEPO mengenai bagaimana caranya membangun koneksi internet kencang, internet lancar, internet ringan, internet cepat, internet tanpa lemot, internet stabil menggunakan Jaringan Kabel USB yaitu dengan sistem berbagi android to PC, Laptop dengan memanfaatkan bandwith Quota server Wifi Android/Ponsel ke perangkat PC/Komputer dan Laptop. Terima kasih semoga membangun semangat bekerja anda.
bagikepo | bagikepo.com | bagikepo | bagikepo.com | bagikepo |  bagikepo.com