Iklan

Popular Post




Pengenalan Dasar dan Gambaran Telekomunikasi

Jaringan Telekomunikasi  ISP ( Internet Service Provider ) Tower dan Internet saat ini merupakan gaya hebat yang sudah bukan jaman lama lagi, tetapi karena seiring perkembangan modern mulai masuk merambah dengan cepat, merata dari benua Eropa, Amerika hingga ke Asia bahkan membudidaya menuju perkotaan lalu menurun ke pedesaan, dengan tanpa disadari terjun secara perlahan namun dengan target bidikan sempurna, pada akhirnya Indonesia menjadi salah satu generasi penerus dari bangsa – bangsa besar lain dan melanjutkan jejak teknologi masa depan.

Dengan turun temurun mewarnai selangkah demi selangkah hingga pada akhirnya membuktikan bahwa masyarakat beserta orang – orang yang mencintai dunia IT ( Ilmu Teknolgi ) dengan bangga memperkenalkan indahnya tentang kelebihan daripada ilmu pengetahuan jaringan telekomunikasi, Menara Tower, Internet beserta perangkat-perangkat BTS, Radio Wireless, Microwave ( MW ) melalui anak cucunya sebagai bibit bobot masa depan unggul yang sangat menjanjikan.

Tujuan Dan Bidikan Target Adanya Jaringan Telekomunikasi

Dengan adanya Teknologi ini semua akan dikumpulkan, dikemas dalam satu konsep jaringan telekomunikasi Menara Tower BTS dan dilengkapi antena sektoral, antena microwave Radio yang salah satunya bisa menghasilkan pancaran signal handphone mulai dari GSM, DCS, 3G, 4G 5G untuk jaringan terbarunya di tahun berikutnya yang masih akan terus dikembangkan perencanaannya dimana jaringan tersebut akan lebih kompeten, lebih cepat dan lebih stabil daripada jaringan 4G pada sebelumnya, sehingga dapat membantu memudahkan memberikan layanan akses signal terbaik, penyediaan dalam informasi layanan area masyarakat, kesempatan lebih luas untuk dapat saling berkomunikasi antar sesama pengguna, dan juga kepada pengguna operator lain, baik dalam area lokal maupun interlokal, membuka layanan jaringan internet dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
Perkembangan Generasi Jaringan ( Generasi satu sampai dengan Generasi ke 5 ) Telekomunikasi
1.      1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G.

1G.

Merupakan jaringan generasi awal ( pertama ) dari jaringan teknologi komunikasi nenek moyang yang merupakan sebuah signal radio yang ditransmisikan dalam bentuk Analog, jaringan ini masih terbatas baru bisa bekerja untuk mengirimkan pesan teks dan melakukan panggilan. Kelemahan sensitif yaitu ketersediaan ini masih terbatas.

2.     2G

Merupakan  generasi kedua munculnya telephone selular dan ini pertama menggunakan data enkripsi digital dalam satu percakapan, jaringan ini muncul sebagai jaringan telekomunikasi selular generasi yang kedua yang diciptakan secara komersil, standar GSM. Ini dapat digunakan sebagai layanan data dan pesan teks SMS, difungsikan berdasarkan pada jaringan digital dan mampu meningkatkan kualitas panggilan juga mengurangi transmisi data yang cukup kompleks, area cakupan seluruh dunia.

3.     3G

Merupakan jaringan generasi ke tiga dari jaringan teknologi telekomunikasi yang telah populer karena kemampuan daya untuk dapat mengakses sebuah internet yang cukup cepat melalui perangkat ponse, android, smartphone, juga tablet. Jaringan 3G mampu menawarkan kecepatan transfer data lebih cepat dari jaringan 2G, bahkan ini merupakan yang pertama mampu melakukan panggilan video, kurang lebih memiliki kecepatan transmisi berkisar antara 384 kbps – 2 Mbps, termasuk panggilan suara dan Video, transmisi file, internet, TV Online, menonton video kualitas tinggi, dapat digunakan untuk bermain game dan lainnya.

4.      4G

Merupakan jaringan generasi keempat terpopuler pada saat ini dari standarisasi teknologi komunikasi telepone selular, jaringan ini bahkan sangat terkenal dan banyak diminati  pengguna diseluruh dunia dan telah dipercaya dapat memberikan  banyak sekali fitur- tambahan, nilai tambahan dari pengembangannya 3G. Artinya 4G  juga telah memiliki semua fasilitas pada jaringan 3G, kelebihan terindah dan hebatnya kecepatan daya transmisi dapat berkisar antara 100 Mbps – Gbps super boos teman. Kemampuan yang digunakan antara lain: percakapan, internet, chatting, jejaring, video call, download, upload, dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan dengan jaringan ini.

5.      5G

Merupakan jaringan generasi kelima yang difungsikan sebagai fase selanjutnya dari standarisasi teknologi telekomunikasi selular yang dapat melebihi kecepatannya   4G/LTE . Menurut kabar – kabar bahwa jaringan 5G akan diresmikan dan dirilis sebagai sistem operasi selular, wauuwww...HEBAT KAWAN !!, dan akan rilis pada tahun depan 2020, sehingga untuk saat ini kita masih belum dapat mengetehui sejauh mana  5G ini dan akan seperti apakah infrastruktur  jaringan 5G ini, tetap bersabar dan terus mengikuti perkembangannya.

Bagian – Bagian Terpenting Infrastruktur Telekomunikasi

Sebelum melangkah lebih jauh tentang dalamnya jaringan selular, tentunya ada baiknya sedikit demi sedikit mengetahu bagaimana dan apa saja bagian – bagian penting yang ada dalam otak rumah ini. Beberapa perangkat yang menyempurnakan jalannya Infrastruktur Jaringan Tower/Telekomunikasi:

1.       BTS

Merupakan singkatan:  Base Transceiver Station, alat ini sangat berperan penting dalam pembangungan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang sering digunakan untuk otaknya menara tower sebagai alat pemancar signal perangkat selular. BTS menjadi poin utama terkuat guna membangun frasa infrastruktur dimana perangkat ini dapat dimanfatakan untuk fasilitas komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dengan jaringan operator – operator. BTS memiliki sebutan popular seperti: BS ( Base Stations ), RBS ( Radio Base Stations ) atau juga bisa disebut dengan Enb (node B ).
Didalam dunia jaringan awam, umum untuk kalangan masyarakat umum istilah tersebut memang belum terlalu familar, tetapi bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia jaringan tentu saja sudah sering didengarnya, setidaknya dimasa depan kita harus dapat membedakan antara komponen pada BTS dengan fisik pada menara tower BTS itu sendiri, sehingga tidak sering terjadi kembali terus-menerus kesalahan, kekeliruan dan menyebutkannya.

BTS merupakan perangkat luar yang memiliki hubungan langsung dengan perangkat device, handphone ( mobile station ), fungsi utama sebagai jembatan terpenting alat perantara komunikasi pengguna dengan jaringan yang akan dihubungkan menuju jaringan lainnya. Dan alat BTS inilah yang dapat menyalurkan, menyediakan jaringan wireless access ke handphone ( mobile station ) anda masing-masing, BTS letaknya dapat berada di dalam Shelter ( indoor ) atau di luar Shelter ( Outdoor ).

2.       BSC
Dalam dunia telco ( Telekomunikasi ) dikenal dengan singkatan Base Station Controller, yang merupakan peralatan yang berperan penting dalam pembangunan Infrastruktur jaringan selular, dapat berfungsi sebagai sistem pengontrolan BTS ( Base Stations  Transceiver ). Jadi BTS yang telah diinstal/dipasang kemudian akan dikontrol melalui alat BSC tersebut, secara garis besar BSC menjadi mesin otak komando daripada semua BTS-BTS, karena tanpa adanya alat tambahan tersebut tentunya BTS tidak akan berjalan alias mereka akan berhenti ditengah jalan layaknya manusia sedang bimbang.

Posisi Penempatan BSC Yang Baik dan Aman

Kita harus selalu memperhatikan dengan sebaik mungkin, ini berbeda halnya pada BTS, Jika BTS masih dapat diletakkan /disimpan di luar ( Out Door ), namun untuk BSC lebih mengutamakan penempatan dengan segi keamanan yang luar biasa, sehingga BSC dilakukan penempatan yang aman kondusif dan tertutup yaitu di dalam ruangan ( IN-Shelter )

Nilai Kapasitas Penampungan, Berapa Banyak BSC dapat Mengkover BTS ?

BSC merupakan alat super power handal dengan kekuatan tinggi yang luar biasa sehingga ia dapat mengover, menghandle banyak, bahkan dapat memuat hingga ratusan lebih dalam menampung BTS tersebut, tetapi juga tergantung pada model dan type dan ukuran sendiri yang dimiliki oleh BSC.

BSC Merupakan Peran Terpenting

Dalam beberapa pekerjaan utama menjadi bagian penting untuk BSC Sendiri, mengontrol, menampung dan menhandle BTS telah menjadi tugasnya dan yang paling difokuskan seberapa baik akan kondisi BTS untuk dapat dikontrol melalui BSC, sehingga jika ada salah satu perangkat BSC yang terganggu atau rusak maka itu akan dapat menentukan nasib baik dan buruknya masa depan puluhan/ratusan BTS, dan mengakibatkan BTS-BTS tersebut tidak akan bekerja dengan baik.

Apa Saja Fungsi BSC itu Sendiri

-          Mengatur perpindahan Out station dari satu BTS ke BTS yang lainnya
-          Sebagai alat Alokasi kanal BSC-BTS
-          Indikasi Channel Bloking antara BSC-MSC
-          Sebagai Pengaturan Frekuensi Hoping
-          Konfigurasi Kanal
-          Sebagai Alat Enkripsi
-          Handover ( Pengalihan kanal Traffik secara Otomatis )
-          Pengatur Broadcasting Channel

Materi ini merupakan sebuah bahan dasar pembelajaran untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan teknologi, karena semakin berkembang akan adanya ilmu jaringan dan telekomunikasi maka kita sebagai pecinta internet dan pengguna internet aktif tidak ada salahnya anda meluangkan waktu sedikit anda untuk sering membuka internet dan membaca beberapa informasi kemajuan jaman.

Selain itu dengan adanya informasi masa depan anda akan terus lebih semangat dalam menjalani kehidupan anda, pekerjaan anda, dan tentunya akan manfaat yang baik jika anda sempatkan untuk berbagi kasih, berbagi ilmu kepada teman-teman, saudara dan keluarga anda yang masih sangat minim terbatas tentang pengetahuan, jika anda iklas membagikannya saya harap keberuntungan dan keberhasilan akan berpihak kepada anda, karena hitam tidak akan selamanya hitam, saya percaya jalan anda bisa berubah menjadi lebih baik indah ditahun-tahun berikutnya.


Mungkin anda tertarik untuk melihat Materi Telekomunikasi lain

Daftar List Artikel dan Video Tentang Telekomunikasi:

Video Panduan Menggunakan GPS GARMIN Etrex 10


Jika anda masih tertarik membaca artikel tentang tips dan ilmu pengetahuan SEO, ingin membangun konten dan coba index halaman, artikel web/blog gratis cepat dan mudah, anda masih bisa membuka dan membacanya kapan saja selama sobat masih memiliki waktu luang maka manfaatkan sebaik mungkin untuk terus menggali wawasan penting trending SEO terbaru, tidak perlu membayar apapun untuk belajar disini, cukup pergi dan buka tautan yang saya berikan di bawah ini.


Submit WEB Gratis – Add URL