Iklan

Popular Post

VirtualBox sudah sangat populer di dunia bahkan di Asia, Indonesia salah satu Negara yang cukup banyak peminatnya dan cukup banyak yang menggunakan alat virtual ini sebagai panduan pembelajaran dan menguji berbagai jenis sistem operasi windows bahkan linux dan termasuk distro linux yang semakin maju semakin beragam jenisnya, sehingga VM VirtualBox menjadi dambaan di seluruh benua.

Oracle VM Virutalbox adalah software virtualisasi open source yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan windows, dan program ini di design dengan mudah menggunakan antarmuka dan langkah demi langkah yang sangat memukau sehingga memungkinkan anda untuk membuat VM pertama anda dalam hitungan menit. VirutalBox sepenuhnya mendukung shared folder untuk pertukaran data yang mudah antara host dan tamu, serta Remote Desktop Protocol (RDP), USBVirtual Controller dan USB melalui RDP.

VirtualBox yang awalnya dikembangkan oleh Innotek GmbH, sebelum diakusisi oleh Sun Microsystems ini juga tersedia dalam versi Windows, Linux serta Open Solaris. Dan tampaknya pengembangan kedepannya difokuskan untuk kalangan enterprise yang mengutamakan kecepatan dan kestabilan kinerja. Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan uji coba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan yang telah ada sebelumnya.

Konsep yang ditawarkan pada virtualisasi VirtualBox adalah Full Virtualisation sama seperti VMWare, QEMU, Win4Lin. Dimana spesifikasi hardware host semakin canggih pula guest, namun ada beberapa hardware yang di virtualisasikan alias tidak mengikuti host CD/DVD drive, harddisk, memori RAM, dan memori VGA, keuntungannya anda dapat mengatur kemampuan hardware yang di virtualisasikan tetapi  tidak dapat melebihi kemampuan hardware host.

Seperti layaknya komputer asli guest membutuhkan RAM dan ruang harddis, jumlah RAM guest akan memotong memori RAM host, secara mudahnya RAM host wajib dialokasikan pada guest. Contohnya guest membutuhkan memori RAM sebesar 256 Mb dan memori host sebesar 1 Gb dikurangi 256 Mb. Jika ada guest lagi memori host akan di potong lagi (lebih tepatnya dialokasikan lagi), sedangkan untuk harddisk guest tidak boleh melebihi kapasitas tempat penyimpanannya, harddisk virtual berbentuk file. File harddisk virtual dapat disimpan di flashdisk, harddisk biasa, jaringan dan sebagainya tetapi harddisk virtual tidak boleh melebihi tempat harddisk virtual itu disimpan.

Sebelum mencoba virtualisasi yang harus di perhatikan adalah seberapa cukupkah kemampuan perangkat keras (hardware) komputer untuk memvirtualisasikan sistem operasi yang diinginkan. Jika sistem operasi yang di virtualisasikan membutuhkan RAM 256 Mb sedangkan komputer utama/host memiliki RAM yang setara atau bahkan sedikit lebih baik tidak bervirtualisasi, karena resikonya akan cukup besar host dan guest akan mengalami kelambanan/lambat respon alias nge-lag kemudian akan terjadi seperti hang ( komputer/sistem operasi terganggu).

Untuk RAM 256 Mb lebih baik mencoba memvirtualisasikan sistem operasi yang memiliki RAM atau yang Ukuran Ram kecil seperti 8 Mb atau sekelas Sistem DOS seperti FreeDOS atau mungkin Linux yang tidak menggunakan desktop. Jika ingin memvirtualisasikan sistem operasi berat disarankan minimal RAM komputer host sebesar 512 Mb dan komputer host tidak banyak memakan memori, untuk sepesifikasi prosessor itu terserah kepada anda bisa juga dengan kecepatan 700 mHz atau sekelas Pentium 3, tetapi jangan harap guest dan host akan lebih responsive. Disarankan memakai prosessor diatas 1 Ghz, tetapi tetap saja tergantung dengan sistem operasi guest, jika guestnya ringan – ringan saja dan Pentium 3 itu sudah cukup dan memenuhi syarat.

Demikian sekilas penjelas sederhana mengenai apa itu Oracle VM VirtualBox dan bagaimana konsep dasar tentang VM VirtualBox itu sendiri, teman - teman bisa mencari kembali artikel yang lebih lengkap pada media online lain yang mungkin bisa di jadikan kembal sebagai acuan pembelajaran dunia internet dan dunia teknologi.

Jika teman - teman tidak keberatan untuk membaca kembali mengenai beberapa tutorial dan artikel tentang ilmu pengetahuan, pendidikan lainnya atau membuka postingan sebelumnya, silakan anda bisa menuju link / tautan yang saya berikan di bawah ini, dan semoga membantu anda untuk meningkatkan wawasan anda.

Pengertian DHCP dan Cara Kerja