Iklan

Popular Post

Sistem operasi juga bisa di sebut dalam bahasa inggris: Operating System atau OS adalah sebuah perangkat lunak sistem yang di berfungsi, bertugas untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras serta operasi – operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program – program pengolah kata dan browser web. Secara umum, sistem  operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori computer pada saat computer dinyalakan. Sedangkan software – software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software- software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar – muka user. Sehingga masing- masing software tidak perlu lagi melakukan tugas- tugas inti dan umum tersebut, karena dapat di layani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas – tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “ Kernel “ suatu sistem operasi.

Bagaimana Mengetahui bagian – bagian secara umum tentang Sistem Operasi

Beberapa pakar pengembang program dan pencipta perangkat lunak dalam setiap pembaruan versi biasanya sering mengumumkan tentang hasil karya yang di buatnya kepada media, online dan media elektronik lainnya, selain itu kita juga bisa mengikuti banyak berita – berita, artikel penting mengenai trending topik tentang sistem operasi, namun setidaknya saya menulis beberapa ulasan sistem operasi ini agar dapat membantu memberikan ilmu pengetahuan bagi anda, sehingga andapun secara bertahap akan bisa mencari bahan yang lebih lengkap di bandingkan dengan apa yang anda dapat sekarang ini.

Beberapa Bagian Pada Sistem Operasi antar lain:

Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memori kernel, kernel dapat di sebut sebagai inti dari sistem operasi.
Commad Interpreter atau Shell, yang bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat di panggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari shell adalah: Command Prompt pada Windows XP, (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di mesin Linux (Unix).
Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
Resource Allocator, sistem operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
Handler, handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari keliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Jaman semakin berkembang pesat dan setiap 5 hingga 10 tahun mendatang biasanya di warnai dengan beberapa perubahan warna, termasuk teknologi dalam sistem perangkat lunak dan aplikasi – aplikasi lain, dalam meningkatkan mutu penggunaan sistem operasi tidaklah mudah secepat mungkin mengganti dikarenakan harga lisensi dan sertifikat yang cukup menjanjikan dan dengan patokan harga yang tidak murah sehingga para pengembang tidak begitu mudah untuk melepas dan menggantikan dengan versi – versi lain, terkecuali dengan program – program sumber terbuka, open source seperti sistem operasi linux yang banyak tersedia dalam versi gratis yang bisa di distribusikan dan di perbarui setiap tahunnya.

Sistem Operasi di Bagi Menjadi Beberapa Generasi

Perkembangan sistem operasi di bagi menjadi beberapa generasi computer, karena perkembangan sistem operasi sangat bergantung pada kemajuan dan kualitas perangkat komputer, antara lain:

Generasi Awal,
Generasi pertama berlangsung dari tahun 1945 sampai dengan tahun 1955. Pada generasi isi sistem operasi belum lahir karena ini merupakan era awal perkembangan sistem komputansi elektronik yang sebelumnya menggunakan sistem komputansi mekanik, jadi pada era ini sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan langsung, yang artinya belum mendukung sistem pekerjaan dalam satu rangkaian.

Generasi Kedua,
Generasi kedua berlangsung dari tahun 1955 sampai dengan tahun 1965. Di generasi ini sudah di perkenalkannya sistem yang dapat di lakukan dalam 1 rangakaian atau biasa di sebut dengan Batch Proccessing System.

Generasi Ketiga,
Generasi Ketiga berlangsung dari tahun 1965 sampai dengan tahun 1980. Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming, Batch Proccessing System ( Multi-Task). Dan komputer sudah memasuki tahap Online.

Generasi Keempat,
Generasi keempat berlangsung pasca tahun 1980-an. Generasi keempat ini sudah di perkenalkan GUI (Graphical User Interface), yang merupakan layanan interface komputer berupa grafis sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

Generasi Selanjutnya,
Pada generasi selanjutnya di perkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah sistem operasi, ini adalah contoh sebuah sistem operasi berbasiskan Website yang bekerja di dalam sebuah sistem operasi. Dan generasi selanjutnya di perkenalkan sistem operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya di perkenalkan juga teknologi sistem operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya di instal 1 buah sistem operasi pada perangkat yang bertugas menjadi server. Selain itu di perkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 sistem operasi berbeda seperti: Linux dan Windows.

Jenis – Jenis Sistem Operasi
Bagi pelajar, mahasiswa bahkan bagi para pengguna internet umum tentunya ini adalah suatu informasi yang sangat menarik untuk  di jadikan sebagai ilmu pengetahuan, baik untuk  diri sendiri dan termasuk juga bagi orang lain, karena adanya kelahiran sistem operasi telah menghadirkan berbagai macam produk komputer berbagai jenis dan kualitas yang bagus serta di tambah dengan semakin banyaknya sistem operasi keren yang bisa kita gunakan sesuai dengan keinginan, kecocokan dan tujuannya masing – masing. Saat ini dikenal beberapa nama sistem operasi, sistem operasi yang mungkin anda kenal dengan baik adalah Microsoft Windows XP serta Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007 adalah generasi baru sistem operasi milik Microsoft, sistem operasi ini di keluarkan setelah generasi Microsoft Windows XP.

Kedua sistem operasi ini merupakan contoh sistem operasi jenis Graphical User Interface (GUI). Jenis sistem operasi yang lain misalnya Command Line Interface (CLI). Contoh sistem operasi CLI yaitu Microsoft Disk Operating System (MS-DOS). Sistem Operasi jenis GUI menyediakan icon berupa gambar atau grafik sebagai media untuk memberikan perintah. Perintah cukup anda berikan dengan cara melakukan klik atau menekan tombol keyboard. Sistem Operasi CLI sedikit kurang popular, hal ini disebabkan beberapa hal, misalnya ketidakpraktisan penggunaan sistem operasi CLI jika di bandingkan dengan sistem operasi jenis GUI. Sistem CLI ini sedikit kurang populer meskipun begitu untuk kepentingan tertentu sistem operasi CLI masih banyak di perlukan dan digunakan di beberapa tempat, misalnya untuk penggunaan dalam memeriksa koneksi internet pada komputer dan sistem operasi CLI masih banyak tersedia di pasaran, anda juga dapat memilih sistem seperti LINUX, Microsoft Windows atau sistem operasi yang lainnya. Namun dalam kesempatan kali ini saya akan berbagai mengenai sistem operasi turunan dari Linux.

Berikut Beberapa Sistem Operasi 

Windows – Microsoft Windows
Microsoft Windows atau biasa kita sebut dengan sebutan Windows, adalah sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan sistem operasi berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Produk Microsoft windows meliputi: Windows NT,Windows Server 2000, Windows Server 2008, Windows Server 2012, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain – lain.

UNIX 
Unix adalah sistem operasi yang di ciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&TBell Labs, Unix di desain sebagai sistem operasi yang portable, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan server, karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat di gunakan, disalin dan di modifikasi sehingga UNIX pun di kembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari Unix.

LINUX
Linux merupakan kloningan dari MINIX (salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya sistem berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak desain yang berasal dari desain / pengembang dasar UNIX.
Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol proses, jaringan, peripheral, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, linuxpun dapat di kendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah ( Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis ( Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop.

Pada komputer Desktop, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka pengguna yang paling populer diantara varian antarmuka pengguna lainnya. Sebuah sistem linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole). Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen – komponen yang bebas dan terbuka. Sama seperti UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server, banyak workstation dan server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun jauh lebih kebal terhadap Malware.

Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah tentang harga, harga linux ini kebanyakan gratis, walaupun ada juga yang berbayar ( lisensi ). Linux dapat di distribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi Posix yang diturunkan dari UNIX itu sendiri.

IBM OS/2
Sistem operasi ini dibuat bersama – sama oleh International Bussiness Corporation, dan Microsoft komputer IBM sebagai pengganti sistem operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, sistem operasi ini di desain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286, termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung memori virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.
MAC OS (Machintos Operating System)
MAC OS atau Machintos Operating System adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Machintos dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface)/GUI). Sistem Operasi Machintos di bagi menjadi 2 jenis:

MAC OS Klasik
Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris Perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Corporative Multitasking.

MAC OS X
MAC OS X memasukkan unsur – unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.

Free BSD
Free BSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat di gunakan untuk berbagai kepentingan, FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

Solaris
Sistem Operasi Solaris adalah sebuah sistem operasi yang berdasarkan UNIX system yang di perkenalkan oleh Sun Microsystem Oada pada tahun 1992 sebagai pendukung sunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor pada awal pengembangannya berdasarkan kempemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang merupakan software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. Open Solaris adalah OpenSource versi sistem operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari sistem operasi misalnya: Source untuk Installer, Desktop, Software.

Open Solaris memiliki banyak fitur yang menjadikan OpenSolaris bisa digunakan untuk skala penggunaan yang besar dari penggunaan untuk Desktop PC atau Mobile PC. Konsep OpenSolaris adalah sebagai berikut:

Free Redistribution: Distribusi secara bebas
Source Code: Sumber (Source) harus tersedia untuk semua distribusi
Derived Works: setiap orang bisa mengubah kode dan mendistribusikan kembali
No Dicrimination: Kode harus disediakan untuk seseorang untuk di kembangkan.

Chrome OS
Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard di Web untuk personal Computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis sistem operasi. Jika di lihat – lihat Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista, Chrome OS dirilis pada pertengahan tahun 2010.

Banyak sekali komputer yang terus berkembang, tidak ada sistem operasi sempurna karena masing –masing sistem operasi memiliki daya dan ciri khas tersendiri. Walaupun ada sistem operasi yang berbayar, mengapa tidak kita coba sistem operasi yang free alias gratis ? Gratis bukan berarti buruk, baik atau buruknya sebuah sistem operasi bergantung pada End-Usernya sendiri, sehingga kita harus cermat dalam memilih sistem operasi yang di gunakan.

Demikian Penjelasan mengenai ilmu pengetahuan tentang ilmu Komputer , teknologi sistem Operasi dan berbagai jenisnya serta penjelasan singkat masing – masing sistem operasi, ada banyak artikel dan ebook yang menjelaskan lebih detail tentang ini, mungkin anda bisa mencari sendiri melalui berbagai situs populer tutorial, tips dan edukasi wawasan ilmu komputer, semoga apa yang saya berikan dapat di manfaatkan sebaik mungkin bagi anda.
Dan jika anda tertarik ingin membuka kembali tentang postingan sebelumnya ada beberapa tips seperti pembelajaran sederhana mengenai alat SEO, Webmaster tool di bawah ini anda bisa membuka pada tautan yang saya sertakan di bawah ini, semoga membantu anda untuk terus belajar mengasah pengetahuan anda, semoga anda selalu bersemangat untuk terus membaca dan  berkarya dengan baik.

Webmastser Tool