Iklan

Popular Post

Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat beriteroperasi secara baik dengan sistem yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pecipta awalnya” LINUS TORVALDS”, yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penanaman yang biasa digunakan untuk mengacu kepada suatu kumpulan lengkap software yang bersama – sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.

Perbedaan Mendasar Linux

Satu hal yang membedakan linux terhadap sistem operasi lainnya adalah, harga. Linux ini Gratis, berarti dapat di perbanyak dan distribusikan kembali tanpa harus membanyar fee atau royalty kepada seseorang. Tetapi banyak issue lainnya dengan bersifat free, selain dari pertimbangan harga, source code linux tersedia bagi setiap orang. Perkembangan linux menunjukkan pentingnya peranan kebebasan ini, hal ini telah menghasilkan suatu tingkat keterlibatan yang menakjubkan dari ribuan bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk divice tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal, atau menandatangani non descructive agreement. 

Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi mahasiswa ilmu komputer di seluruh dunia untuk melihat kedalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial, karena linux itu tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai dan berbagai versi kemasan Linux. Paket ini termasuk lingkungan linux lengkap, perangkat lunak untuk modal instalasi dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus.

Perbandingan Linux Terhadap Sistem Operasi Lainnya

Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan di jalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal secara umum dapat dikatakan linux berjalan lebih cepat di bandingkan dengan Unix lain pada hardware yang sama. Dan lagi Unix memiliki kelemahan, yaitu tidak bersifat Free. MS DOS memiliki kemiripan dengan linux, yaitu file sistem yang bersifat hirarkis, tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86, dan tidak mendukung multi-user dan multi-tasking, serta tidak bersifat free. Juga MS-DOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang, dan program utilitas yang ada dalam Linux.

Microsoft Windows menawarkan beberapa kemampuan grafis yang ada pada linux termasuk kemampuan networking, tetapi tetap memiliki kekurangan yang telah ada pada MS-DOS, kemudian Windows NT juga tersedia untuk  digital Alpha dan juga prosesor x86 juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS. Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus di bayar. Sistem operasi Apple Machintos hanya dapat berjalan di sistem Mac, juga memiliki kekurangan dari sisi ketersediaan perangkat bantu pengembang (development tool), dan kurang dapat secara mudah untuk berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, Apple juga telah memungkinkan Linux dapat di jalankan pada PowerMac.

Macam – Macam Sistem Operasi Linux

Kita semua tahu bahwa setelah kemunculan internet di seluruh dunia semakin tahun maka semakin berkembang dan semakin bertambah para developer untuk berpartisipasi dalam mengembangkan produk linux dengan memanfaatkan sumber kode yang tersedia oleh banyak orang, sehingga hingga saat ini jenis linux sudah cukup populer di manapun juga, tentunya juga sudah tersedia dalam bermacam – macam Sistem Operasi Linux itu sendiri untuk dapat berpatisipasi mencipatkan pembaruan sistem operasi linux kita tidak harus membayarnya karena bagi siapapun juga dapat mendistribusikan asal kita paham dengan bahasa program.

Apa Saja Jenis – Jenis Sistem Operasi linux tersebut, Berikut antara lain:

Ubuntu 
Ubuntu adalah software sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk operasi dasar komputer, versi terbaru program ini adalah Ubuntu 12.04 Beta juga yang terakhir ini versi…., yang dirilis pada tanggal 29 Maret 2012. Software Ubuntu dibuat dan dikembangkan oleh Canonical Ltd, perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada sifatnya yang open source dan gratis. Selain itu, Ubuntu juga telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi komputer untuk berbagai keperluan, sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstal software – software umum seperti aplikasi untuk perkantoran, internet dan multimedia.

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis GNU/Linux (distro Debiab). Ubuntu secara rutin diperbarui versinya, versi stabil dirilis sekitar 6 bulan sekali, Ubuntu menjadi sistem operasi open source yang paling digemari di tanah air, program Ubuntu banyak di aplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer, khususnya yang menggemari  software open source, Ubuntu merupakan software gratis (opensource), untuk menginstal versi terbaru program ini, komputer anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Pentium 4 CPU 1 GHz, memori (RAM) 1 GB, Resolusi monitor 800 x 600 pixel, dan hardisk dengan kapasitas kosong minimal 15 GB.

Debian
Debian adalah sistem operasi bebas yang di kembangkan secara terbuka oleh banyak programmer sukarela (Pengembang Debian) yang tergabung dalam proyek debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang di kembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya, dan dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.

Mandrake
Mandrake Linux adalah saudara muda dari Red Hat Linux, karena keduanya merupakan satu tempat produksi, bila red hat direkomendasikan sebagai sistem operasi server, maka Mandrake dijadikan sebagai Client yang handal, dan diutamakan menggunakan prosessor Pentium. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan penggunaan mandrake sebagai server yang handal juga, selain itu Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunaannya dalam melakukan instalasi dan penggunaan linux itu sendiri.

Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan disribusi linuk yang paling familiar, jika Redhat keluar desktop manaer menggunakan Gnome, maka Linux Mandrake keluar dengan desktop manager KDE buatan SUSE Jerman. Saat ini Mandrake Linux sudah keluar dengan versi 10.0 dan anda juga tidak hanya dapat menggunakan desktop KDE saja, akan tetapi anda juga dapat menggunakan Gnome desktop sehingga pengguna yang tidak dapat menggunakan desktop KDE dapat menggunakan desktop Gnome atau sebaliknya.

Caldera Linux
Caldera Linux merupakan salah satu jenis yang di rancang untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya, Caldera sendiri dirancang dengan tampilan keseluruhan dengan grafis. Sejak saat kita melakukan penginstallan linux caldera ini, hingga kita melakukan setting hardware semuanya di lakukan dengan tampilan grafis, dan yang mengagumkan dari linux caldera ini adalah pada saat kita melakukan penginstallan Linux Caldera ini, kita disuguhi game tetris untuk mengisi waktu luang, sambil menunggu transfer program yang sedang berjalan.

Slackware Linux
Slackware Linux adalah distribusi Linux yang pertama, yang pernah mengalami masa kejayaan ketika baru sedikit orang mengenal linux. Bagi pengguna linux senior, slackware merupakan suatu distribusi linux yang penuh dengan tantangan, Slackware hadir dengan model yang sangat sederhana, tidak seperti distribusi linux yang lainnya. Slackware juga merupakan distribusi yang murni dalam arti penampilannya yang sangat mirip dengan UNIX (UNIX CLONE), sehingga membuat penggunanya merasa seperti menggunakan Unix murni.

Bagi mereka yang juga menginginkan tantangan dan ingin menjadikan Linuxer handal, atau sering dikenal dengan sysadmin, slackware merupakan jawaban pintu terbaik bagi anda, dengan sering mempelajari sistem operasi ini akan lebih baik saat anda nanti menjadi seorang pengguna linux professional.

SuSE Linux
Jika Redhat adalah jenis linux yang paling populer di Amerika dan di Indonesia, maka SuSE Linux yang paling digunakan oleh Negara – Negara di Eropa, SuSE Linux dilengkapi dengan Desktop Manger yang di kenal dengan KDE. Selain itu juga dilengkapi tools yang central setting yang bernama “ YaST” (Yet another Settup Tools) yang sangat mudah digunakan untuk konfigurasi sistem internal dan jaringan serta security.

Corel Linux
Corel Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis linux yang di buat oleh salah satu distribusi linux, yaitu Debian, Corel Linux sama seperti linux lainnya, mendukung sistem operasi sistem open source dibawah naungan GNU, Corel Linux dapat di beli via internet dengan harga yang sangat terjangkau, jauh dari harga Linux Os lainnya. Corel Linux dapat langsung di install dengan atau tanpa sistem operasi erasi lain, Corel Linux juga bisa di instal pada partisi dan file sistem windows, yang menjadikan Corel Linux seolah – olah adalah program aplikasi windows. Dan salah satu yang menarik dari Corel Linux adalah semuanya serba grafis, dimulai pada saat prosedur instalasi hingga pada saat proses boot sistem.

Anda tidak akan menemukan basis text seperti yang ada di linux lainnya, atau juga windows yang masih basis text, di corel linux semuanya serba disederhanakan, bahkan sampai pada setting jaringanpun lebih mudah daripada setting jaringan pada windows, akan tetapi sedikit kekurangan pada corel linux ini terutama bagi pengguna yang sudah mahir, mereka akan bingung dengan tampilan yang serba grafis yang di berikan oleh corel linux.

Turbo Linux
Turbo Linux adalah linux yang terkenal dan populer di Asia, bahkan di Jepang dan China pun linux ini terkenal, turbo linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan, Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besar. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat saat ini dengan backup dari perusahaan – perusahaan terkemuka saat ini, seperti: Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Toshiba, Novel, dan SCO. Seperti dengan SuSE, Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer, setara dengan super komputer di jerman untuk kepentingan jaringandi China dan Jepang. Bahkan di China, turbo linux di adaptasi sebagai sistem komputer utama mereka, dan dimasyarakatkan dalam bahasa China kepada masyarakatnya guna menyaingi dominasi dari Microsoft.

Redhat Linux
Redhat Linux merupakan linux yang paling populer di Indonesia dan Amerika, dan dirancang khusus untuk  server, Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux - linux server lainnya, selain itu Redhat juga dapat di gunakan sebagai Client maupun sebagai PC Desktop /PC Standalone. Saat ini redhat linux sudah beredar dengan versi 9.0  dan terbarunya yang dapat menggunakan desktop Gnome dan juga KDE.

Redhat Linux juga memiliki kelebihan lain yaitu kemudahan dalam hal instalasinya, ini merupakan revolusioner Linux, dan pada saat linux lainnya membuat pengguna awalnya putus asa, redhat hadir dengan prosedur instalasi termudah pada masanya, hal revolusioner lainnya adalah bahwa redhat linux menciptakan format paket program RPM yang menjadi standar baku file binner pada linux, yang kemudian digunakan oleh linux lainnya seperti SuSE, Mandrake dan Caldera.

Itulah beberapa ulasan sederhana mengenai ilmu pengetahuan tentang Sistem Operasi Linux beserta jenis – jensinya, pada pembahasan selanjutnya saya akan memberikan tambahan artikel tentang pelajaran Linux, anda juga dapat mencari dan menemukan beberapa artikel rekomendasi lainnya di berbagai situs – situs lainnya sesuai dengan minat anda sendiri, semoga apa yang saya tulis dapat di manfaatkan dengan baik bagi anda maupun teman anda, Jika anda ingin melihat dan membaca  kembali mengenai postingan sebelumnya tentang " Sistem Operasi " anda bisa membuka kembali dengan mudah hanya melalui tautan yang saya berikan di bawah ini, semoga sedikit wawasan ini bisa berguna bagi anda semua, silakan bagikan jika memang di butuhkan, terima kasih.

Sistem Operasi | OS